Masjid Kauman di Yogyakarta


SD Muhammadiyah Kauman
Para murid SD Muhammadiyah Kauman sedang bersantai
diluar halaman Masjid (2011)
Warga kota Yogyakarta boleh berbangga hati karena mempunyai begitu banyak bangunan museum dan Cagar Budaya Nasional yang bernilai historis tinggi. Salah satu Cagar Budaya Nasional bersejarah dan masih terjaga keasliannya adalah Masjid Agung atau populer dikenal dengan Masjid Gedhe Kauman. Kata 'kauman" itu sendiri mempunyai arti wilayah. Jadi, kata wilayah yang dimaksud adalah penduduk yang tinggal disekitar masjid memeluk agama islam.

Begitu bersejarahnya masjid ini, pada tahun 2010 pernah dijadikan lokasi pembuatan film "Sang Pencerah". Film tersebut merupakan film biografi yang menceritakan tentang sejarah perjuangan hidup Muhammad Darwis atau lebih dikenal dengan nama KH. Ahmad Dahlan. Beliau adalah pendiri organisasi islam Muhammadiyah. 

Letak masjid Kauman tidak begitu jauh dari Keraton Sultan Yogyakarta, persisnya disebelah barat alun-alun utara keraton. Konon ada beberapa bagian bangunan masjid ini yang dilapisi dengan emas, seperti apa yang melekat pada bagian atas gerbang masuk utamanya. Bila Anda datang ke kota Yogyakarta, sempatkan untuk berwisata religi di tempat bersejarah ini, yang dibangun pada tahun 1773.

Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta
Gerbang masuk masjid Kauman (2011)
Prasasti Cagar Budaya Nasional
Prasasti Cagar Budaya Nasional masjid Gedhe Kauman (2011)