Sekilas Tentang Pulau Marampit di Sulawesi Utara


Pulau Marampit secara administratif berada di dalam kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud. Pulau ini mempunyai 5 desa dengan populasi sekitar 5.000 jiwa. Kelima desa itu diantaranya: Desa Dampulis, Laluhe, Marampit Induk, Marampit Barat dan Marampit timur. 

Kata Marampit berasal dari kata Marampin yang berarti Perlindungan. Konon, benteng ini menjadi tempat perlindungan dari serangan orang-orang Sulu (Filipina). Menurut kepala desa Marampit Timur, bahan perekat untuk menyusun tembok yang terdiri dari batu-batu karang tersebut, sama dengan bahan perekat yang dipakai untuk mendirikan candi Borobudur. 

Kesadaran masyarakat cukup tinggi dalam menjaga dan melestarikan situs sejarah ini. Namun disayangkan, karena sejarah desa masih terpapar secara lisan melalui para Ratumbanua. Semestinya telah terdokumentasi dalam bentuk buku sehingga akan menjadi data yang abadi tanpa khawatir menjadi punah.

Foto-foto berikut adalah dokumentasi Ekspedisi Garis Depan Nusantara: 92 Pulau Terluar Indonesia, wilayah Indonesia Tengah. Salah satu pulau terluar di Propinsi Sulawesi Utara adalah Pulau Marampit.


Pulau Terluar di Sulawesi Utara

Pulau Terluar di Sulawesi Utara

Pulau Terluar Indonesia

Garis Depan Nusantara

Pulau Terluar Indonesia