Melihat Bunga Rafflesia Arnoldi di Rhino Camp


Rhino Camp Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
Bunga Rafflesia arnoldi setelah fase mekar


Rhino Camp adalah pondok jaga yang berada di Pal 50 Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Dikatakan sebagai pondok jaga karena lokasi ini merupakan plot sample permanen bunga Padma raksasa atau lebih dikenal dengan bunga Rafflesia arnoldi.

Periode terbaik untuk melihat bunga Rafflesia arnoldi mekar ada di bulan Juni - Juli. Anda dapat melihat empat sampai lima bunga Rafflesia yang mekar hampir berbarengan selama 5 - 7 hari.

Oleh karena lokasi ini berada didalam kawasan TNBBS disarankan untuk melapor terlebih dahulu ke kantor Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di Kotaagung.

Saya mengunjungi tempat ini tepat tanggal 1 Juli 2016, ditemani oleh rekan-rekan dari WCS-IP Kotaagung. Namun, kami kurang beruntung karena hanya menyaksikan sisa-sisa kelopak bunga rafflesia arnoldi yang sudah menghitam. "Baru saja melewati fase mekar", ucap seorang rekan.

Kendati kami berkunjung pada periode dimana bunga rafflesia mestinya tumbuh mekar, hal itu tidak menjamin kepada kami untuk melihatnya mekar. Mungkin di waktu lain kami beruntung.


Lokasi Rhino Camp:


Katak Bertanduk

Megophrys montana


Batas Rhino Camp
Jalan menuju Rhino Camp