Taman Selecta Kota Malang

Tak pernah terbayangkan sebelumnya kalo saya akan ke Kota Malang. Apalagi sampai training disana. Lagi-lagi 'jalan-jalan gratis'. Sungguh menyenangkan bukan.


Pagi hari, usai mengikuti training selama 3 hari di Hotel Grimaldi Montana, oleh panitia kegiatan, kami seluruh peserta diberikan waktu untuk refreshing selama 6 saja. Begitu singkat waktunya. Akan pergi kemana dengan waktu sependek itu. Sedangkan saya ingin sekali melancong ke tempat yang agak jauh, ke Bromo misalnya. Dalam keadaan bimbang, seorang kawan menawarkan untuk mengunjungi Taman Wisata. Saya setuju, begitu pun dengan teman-teman yang lain. Karena merekapun juga patah kompas. Tidak tahu mau kemana.

Akhirnya kami berangkat dengan menyarter angkot jenis mikrolet. Jumlah yang ikut tidak sepadan dengan jumlah tempat duduk yang tersedia. Bersesak-sesakanlah kita. Setibanya di lokasi, ternyata tempat tersebut bernama Taman Selecta dan bukan Taman Wisata seperti kata kawan tadi. Sedikit penasaran kami masuk kedalam. Tak jauh berbeda dengan taman wisata lainnya, apa yang ditawarkan oleh taman wisata ini adalah sama. Akan selalu ada fasilitas rekreasi untuk keluarga seperti kolam renang, arena outbound dan olah raga permainan seperti perahu genjot kalau disini. Andalan taman ini sebenarnya hanya taman dengan pohon bunga yang ditata rapih sehingga membuat pengunjung merasa fresh dan happy. Dan berdasarkan informasi yang saya dapat, usia obyek wisata ini sudah begitu tua, karena didirikan pada tahun 1930 oleh seorang ilmuwan Belanda bernama Ruyter de Wildt. Mungkinkah tujuan taman ini dibangun oleh de Wildt adalah sebagai media pelepas rasa rindu atas kampung halamannya. Buktinya, dia menata taman ini dengan pohon jenis bunga-bungaan yang dipilih secara selektiv. Karena itu, nama awal dari taman ini adalah Taman Selekta, yang diambil dari kata Belanda Selektive.

Jika Anda sedang berada di kota Malang, sempatkan untuk piknik disini. Udara ditempat ini begitu dingin sejuk segar sebab dibentengi oleh gunung-gunung. Beberapa foto berikut mungkin dapat menjadi penghantar bagi Anda untuk piknik ke taman Selecta di kota Malang. 

Petunjuk arah menuju lokasi ini dapat lihat di laman Peta Bapontar.

Taman Selecta di Malang
Taman Rekreasi Kota Malang
Tempat Rekreasi Taman Selecta
Papan Reklame Taman Selecta