Pantai Meleura: Miniatur Raja Ampat di Sulawesi Tenggara



Siapa yang tidak mengenal kepulauan Raja Ampat? Gugusan pulau nan luas di Papua Barat yang begitu kaya dengan kehidupan biota lautnya dan menjadi tempat favorit para pelancong mancanegara. Warna hijau tosca air lautnya yang memikat selalu menjadi narasi kagum para pencinta bahari.

Namun, adakah dari kalian yang mengenal Pantai Meleura? Sebuah pantai di Sulawesi Tenggara, yang memiliki gugusan pulau karang dengan berbagai ukuran. Dari yang berukuran kecil hingga sedang. Bayangkan sebuah bongkahan saja. Pun Air lautnya berwarna hijau tosca. Bening hingga menembus dasar lautnya.

Tempat wisata bahari ini menjadi kebanggaan kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Setelah Taman Nasional Wakatobi yang begitu gemilang dengan spot divingnya, menyusul kini Pantai Meleura yang banyak pelancong menyebutnya sebagai miniatur kepulauan raja ampat. Tonton video diatas untuk lebih yakin.

Bila ingin memangkas biaya transportasi untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda dapat memilih kapal feri ASDP dengan ongkos tiga puluh lima ribu rupiah, dari Pelabuhan Torobulu ke Pelabuhan Tampo. Harga tiket kapal feri pemerintah berbeda jauh dengan kapal feri swasta )Ekspres Bahari) yang seharga dua ratus lima puluh ribu rupiah, dari pelabuhan Kendari ke pelabuhan Raha.

Mungkin orang lebih mengenal Pulau Buton daripada pulau ini. Pulau Buton juga merupakan bagian dari wilayah Propinsi Sulawesi Tenggara, memiliki pelabuhan laut besar yang menjadi persinggahan kapal Pelni dan terkenal karena memiliki peninggalan sejarah Benteng Keraton, yang konon tersohor sebagai benteng terbesar di dunia.